Selasa, 13 Desember 2016

pengertianmultimedia




 

Assalamu'alaikum.. Kali ini saya mau berbagi tentang penjelasan Multimedia menurut para pakar atau ahli, semoga artikel ini bisa membantu bagi anda yang sedang mendapat tugas multimedia dari guru atau dosen . Langsung saja berikut ini adalah pengertian multimedia menurut para ahli dan kesimpulan dari saya sendiri.

pengertian Multimedia menurut para ahli


  1. Najjar (1996): Multimedia adalah penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video, dan animasi.
  2. Hofstetter (2001) : multimedia adalah penggunaan komputer  untuk menampilkan informasi yang merupakan gabungan dari teks,  grafik, audio dan video sehingga membuat pengguna dapat bernavigasi,  berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi dengan komputer.
     Selain kombinasi dari objek-objek multimedia tersebut, terdapat juga 4 komponen yang penting lainnya, yaitu:

    a.    Adanya komputer untuk mengatur apa yang akan dilihat dan didengar, dan apa yang akan   
         berinteraksi dengan penggunanya 

    b.     Adanya  link-link  yang menghubungkan informasi-informasi yang tersedia 

    c.    Adanya  tool-tool navigasi bagi pengguna agar dapat menggunakan informasi yang tersedia 

    d.    Adanya prosedur bagi pengguna untuk mengumpulkan, memproses dan menyampaikan 
         informasi dan ide-idenya. 

  1. Robin dan Linda (2001) : multimedia adalah alat yang dinamis dan interaktif yang menggabungkan antara teks,grafis,animasi,audio,dan video.
  2. Turban dan kawan-kawan (2002) : multimedia adalah penggabungan sedikitnya dua media input atau output.Media ini berupa audio,animasi,video,teks,grafik,dan gambar.
  3. Zeembry (2008) : multimedia merupakan media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data.
  4. Mc Cormick (1996) : Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks
  5. Rosch (1996) : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
  6. Steinmetz (1995) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
  7. Vaughan (2004) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
  8. Wahono (2007) : Multimedia adalah perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi dan video untuk menyampaikan pesan ke publik.



kesimpulan saya berdasarkan beberapa pengertian diatas : "Multimedia adalah kombinasi antara teks,grafik, animasi, audio dan video yang bertujuan untuk menyampaikan informasi melalui komputer atau media elektronik lainnya."



Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.



Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis



Jenis-Jenis Multimedia

 1.    Multimedia Interaktif

Pengguna/ user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality,dll

 2.     Multimedia Hiperaktif       

Multimedia jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada. Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh: world wide web, web site, mobile banking, Game on line, dll

 3.    Multimedia Linear / Squential

Multimedia Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya. Multimedia linear berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna. Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai akhir. Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV

 4.    Multimedia presentasi pembelajaran .

Multimedia presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya Microsoft Power Point.

 5.    Multimedia pembelajaran mandiri.

Multimedia pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge , mengandung fitur assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah. Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

  6.    Multimedia kits

Multimedia kits adalah kumpulan pengajaran ? bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal.
yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD tujuan:untuk presentasi dio kelas. Keunggulan : multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik,  kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).

 7.    Hypermedia

dokumen berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer.
contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.

 8.    Media Interaktif

Sistem ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan aktif.
Keunggulan: beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.

 9.    virtual realitas

  adalah media yang dapat disulasiakn tempat di dunia nyata. Keunggulan: untuk digunakan menggambarkan berbagaqi jenis aplikasi umumnya terkait dengan mendalam,sangat visual,3D lingkungan.



Fungsi dari tools diatas yaitu :
1.    Selection tool : untuk memilih dan memindahkan objek
2.    Free transform tool : untuk mentransformasikan objek secara bebas
3.    Line tool : untuk membuat garis
4.    Pen tool : untuk menggambar objek, menambah atau mengurangi titik-titik garis pada gambar
5.    Oval tool : untuk membuat lingkaran
6.    Pencil tool : untuk menggambar secara teratur
7.    Ink bottle tool : untuk mewarnai atau menambah warna outline sebuah objek
8.    Dropper tool : untuk mengambil warna suatu bidang gambar lain
9.    Subselect tool : untuk memodifikasi titik-titik pada gambar
10.    Fill transform tool : mentransformasi suatu fill objek
11.    Lasso tool : digunakan untuk memilh bagian suatu objek secara tidak teratur
12.    Text tool : untuk menambahkan tulisan
13.    rectangel tool : untuk membuat kotak
14.    brush tool : untuk menggambar suatu objek dengan metode kuas
15.    paint bucket tool : untuk mengidentifikasi warna suatu objek
16.    eraser tool : untuk menghapus gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar