Assalamu'alaikum.. Kali ini saya mau
berbagi tentang penjelasan Multimedia menurut para pakar atau ahli, semoga
artikel ini bisa membantu bagi anda yang sedang mendapat tugas multimedia dari
guru atau dosen . Langsung saja berikut ini adalah pengertian multimedia
menurut para ahli dan kesimpulan dari saya sendiri.
pengertian Multimedia menurut para ahli- Najjar (1996): Multimedia adalah penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video, dan animasi.
- Hofstetter (2001) : multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menampilkan informasi yang merupakan gabungan dari
teks, grafik, audio dan video sehingga membuat pengguna dapat
bernavigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi dengan
komputer.
Selain kombinasi dari objek-objek multimedia tersebut, terdapat juga 4 komponen yang penting lainnya, yaitu:
a. Adanya komputer
untuk mengatur apa yang akan dilihat dan didengar, dan apa yang akan
berinteraksi dengan penggunanya
b. Adanya
link-link yang menghubungkan informasi-informasi
yang tersedia
c. Adanya
tool-tool navigasi bagi pengguna agar dapat menggunakan informasi
yang tersedia
d. Adanya prosedur
bagi pengguna untuk mengumpulkan, memproses dan menyampaikan
informasi dan
ide-idenya.
- Robin dan Linda (2001) : multimedia adalah alat yang dinamis dan interaktif yang menggabungkan antara teks,grafis,animasi,audio,dan video.
- Turban dan kawan-kawan (2002) : multimedia adalah penggabungan sedikitnya dua media input atau output.Media ini berupa audio,animasi,video,teks,grafik,dan gambar.
- Zeembry (2008) : multimedia merupakan media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data.
- Mc Cormick (1996) : Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks
- Rosch (1996) : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
- Steinmetz (1995) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
- Vaughan (2004) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
- Wahono (2007) : Multimedia adalah perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi dan video untuk menyampaikan pesan ke publik.
kesimpulan saya berdasarkan beberapa pengertian diatas :
"Multimedia adalah kombinasi antara teks,grafik, animasi, audio
dan video yang bertujuan untuk menyampaikan informasi melalui komputer atau
media elektronik lainnya."
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan
dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan
alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia
informatika. Multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk
membuat website.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis.
Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran,
baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis,
multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan,
profil produk, bahkan sebagai media kios
informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya
mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks,
gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra
pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya
multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra
penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada
pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat
duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis
Jenis-Jenis Multimedia
1. Multimedia
Interaktif
Pengguna/ user dapat mengontrol
secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia akan ditampilkan atau
dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality,dll
2. Multimedia
Hiperaktif
Multimedia jenis ini mempunyai
struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan oleh pengguna
melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada. Isitilah
Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh: world wide
web, web site, mobile banking, Game on line, dll
3. Multimedia
Linear / Squential
Multimedia Liner adalah jenis
multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa dilihat pada semua jenis
film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia Interaktif adalah jenis
multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara media dengan pengguna media
melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya. Multimedia linear
berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna. Penyajian multimedia liner
harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai akhir. Contoh: Movie/film,
e-book, musik, siaran TV
4. Multimedia
presentasi pembelajaran .
Multimedia presentasi pembelajaran
adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan
guru secara keseluruhan. Contohnya Microsoft Power Point.
5. Multimedia
pembelajaran mandiri.
Multimedia pembelajaran mandiri
adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri
tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan
explicit knowledge dan tacit knowledge , mengandung fitur assemen untuk
latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah. Contohnya
Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
6. Multimedia
kits
Multimedia kits adalah kumpulan
pengajaran ? bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan
diorganisir sekitar topik tunggal.
yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD tujuan:untuk presentasi dio kelas. Keunggulan : multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik, kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).
yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD tujuan:untuk presentasi dio kelas. Keunggulan : multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik, kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).
7. Hypermedia
dokumen berurut non terdiri dari
teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer.
contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
8. Media
Interaktif
Sistem ini merupakan sistem
pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan bahan video disajikan di
bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak hanya melihat dan
mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan aktif.
Keunggulan: beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
Keunggulan: beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
9. virtual
realitas
adalah media yang dapat disulasiakn tempat di dunia nyata. Keunggulan: untuk
digunakan menggambarkan berbagaqi jenis aplikasi umumnya terkait dengan
mendalam,sangat visual,3D lingkungan.
Fungsi dari
tools diatas yaitu :
1. Selection tool : untuk memilih dan memindahkan objek
2. Free transform tool : untuk mentransformasikan objek secara bebas
3. Line tool : untuk membuat garis
4. Pen tool : untuk menggambar objek, menambah atau mengurangi titik-titik garis pada gambar
5. Oval tool : untuk membuat lingkaran
6. Pencil tool : untuk menggambar secara teratur
7. Ink bottle tool : untuk mewarnai atau menambah warna outline sebuah objek
8. Dropper tool : untuk mengambil warna suatu bidang gambar lain
9. Subselect tool : untuk memodifikasi titik-titik pada gambar
10. Fill transform tool : mentransformasi suatu fill objek
11. Lasso tool : digunakan untuk memilh bagian suatu objek secara tidak teratur
12. Text tool : untuk menambahkan tulisan
13. rectangel tool : untuk membuat kotak
14. brush tool : untuk menggambar suatu objek dengan metode kuas
15. paint bucket tool : untuk mengidentifikasi warna suatu objek
16. eraser tool : untuk menghapus gambar
1. Selection tool : untuk memilih dan memindahkan objek
2. Free transform tool : untuk mentransformasikan objek secara bebas
3. Line tool : untuk membuat garis
4. Pen tool : untuk menggambar objek, menambah atau mengurangi titik-titik garis pada gambar
5. Oval tool : untuk membuat lingkaran
6. Pencil tool : untuk menggambar secara teratur
7. Ink bottle tool : untuk mewarnai atau menambah warna outline sebuah objek
8. Dropper tool : untuk mengambil warna suatu bidang gambar lain
9. Subselect tool : untuk memodifikasi titik-titik pada gambar
10. Fill transform tool : mentransformasi suatu fill objek
11. Lasso tool : digunakan untuk memilh bagian suatu objek secara tidak teratur
12. Text tool : untuk menambahkan tulisan
13. rectangel tool : untuk membuat kotak
14. brush tool : untuk menggambar suatu objek dengan metode kuas
15. paint bucket tool : untuk mengidentifikasi warna suatu objek
16. eraser tool : untuk menghapus gambar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar